Monday 6 June 2016

Sejarah Linux Singkat Dan Jelas

 Di dalam sebuah Sistem Operasi (OS) atau suatu aplikasi, di perlukan suatu antar muka atau interface untuk user agar dapat menjalankan OS atau aplikasi tsb dengan mudah.
Terdapat 2 tipe Interface, yaitu :
1. Text Based
Text Based : Interface yang berbasis text.
Contoh : DOS atau Konsole di Linux
 

2. Graphical User InterfaceGUI : Interface yang berbasis grafis
Contoh : OS Windows atau Desktop Environment di Linux
GUI lebih sering dipakai dari pada TextBased, karna selain ditampilkan dengan mode grafis juga memiliki efek fek yang menarik, makanya pengguna lebih sering menggunakan mode GUI.


Sejarah Linux
Linux di buat pertama kali Linux Torvalds, mahasiswa University of Helsinki di Finlandia pada tahun 1991, dia tidak puas atau tidak terima Lisensi Minix yang
membatasi penggunaan nya hanya untuk pendidikan (mencegah dari tujuan komersial).maka dari itu, Ia membuat Kernel Linux, yaitu sebuah core Linux, di atas Minix dengan menggunakan bahasa C. Linux memiliki lisensi GNU, yaitu sebuah lisensi yang memungkinkan seseorang untuk mendistribusikan dan memodifikasi source code secara bebas dan gratis atau freeware Dan asal kalian tau juga, karna linux berbasis opensource apabila ada BUG dapat cepat diatasi karna programmer yang mengembangkan linux bukan hanya trovald tapi seluruh dunia, tapi tetap saja, yang pertama kali menciptakan linux adalah LINUX TROVALDS.
Logo Linux adalah penguin, karena pada saat pengembangan Linux, Torvalds pernah
di antuk oleh Penguin di sebuah kebun binatang yang menyebabkan diri nya demam dan
dia bercita-cita agar orang lain dapat “demam” Linux. Nama Linux sendiri di adaptasi dari nama nya Linus.
Saat ini, Linux memiliki beberapa Desktop Environment yang berbasis Grafis, di
antara nya adalah :
1. KDE (K Desktop Environment)
2. GNOME (GNU Network Object Model Environment)

3. Icewm
diantara Dekstop Environment diatas, yang paling sering digunakan adalah Dekstop GNOME, dan saya pun juga menggunakan ini karna menurut saya stabil.

keuntungan dari penggunakan linux itu sendiri pun banyak, diantaranya
1. Gratis atau FreeWare
ya linux tidak seperti windows, kalau windows apabila kita mau menggunakannya kita harus bayar ke microsoft nya langsung, tapi berbeda dengan linux, linux disajikan dengan gratis tis dan tidak memungut biaya, sehingga OS linux banyak yang meminati juga nih gan, kebanyakan pengguna linux itu ingin belajar bagaimana edit edit OS.

2. ketahanan nya terhadap sebuah VIRUS
nah ini [erlu diperhatikan, ketahanan virus di linux sangat kuat, sehingga jarang pengguna linux merasa OS nya telah dimasuki Oleh virus. oiya linux juga tidak mempunyai registy yang sering digunakan virus untuk bersembunyi.

3. lebih aman
kenapa lebih aman, karna linux gratis dan tidak berbayar, berbeda dengan windows yang harus berbayar, apabila kita ketahuan memakai windows bajakan atau tidak ORI, bisa bisa kita ditangkap guys, wah makanya hati hati. Itulah sebabnya perusahaan perusahaan tidak pernah memakai windows bajakan, apabila ketahuan memakai windows bajakan bisa kena sanksi dan denda tuh.

nah kita akan bahas kerugian dari pemakaian linux nih, yaitu
1. pemakainya masih sedikit
dikarenakan yang paling umum atau sudah popular adalah windows, dan kebanyakan aplikasi kompotible dengan windows, jarang aplikasi yang kompotible dengan linux ya mungkin karna masih sedikit pemakai dan sedikit pengembang juga

2. tidak dipakai di kantor kantor
karna kebanyakan aplikasi kantor tidak support di linux dan juga biasanya yang paling ramah dalam melakukan pekerjaan kantor yaitu windows

contoh distribusi linux
1. fedora
2. RedHat
3. Suse
4. mandriva
5. ubuntu

0 comments:

Post a Comment