Sunday 5 June 2016

Instalasi NETBEANS

             oke mas-mas dan mba sekalian :D kali ini saya akan membuat tutorial atau cara-cara install netbeans di windows, lain kali saya akan membuat tutorial instalasi netbeans di linux ya. oke pertama - tama jelas kita perlu mempunyai mentahan atau file netbeans nya gan, untuk agan yang mau download silahkan di Downloads NetBeans, agan bebas memilih mau download netbeans yang versi berapa ya gan, tapi disini ane gunain netbeans versi 7.2..
             kalo agan belum ngerti cara download netbeans nya klik Cara Download Netbeans, ane kasih tutorial download nya biar agan paham deh :)
             yang kedua kita perlu check apakah sudah terinsall JDK dan JRE nya, untuk cara check nya udah ane jelasin di post ane sebelum nya gan. oke kita ke inti permasalahan.
1. kita Double Klik file netbeans nya.
2. biasanya disini akan lama untuk menampilkan konfigurasi netbeans nya jadi sabar aja, yang jelas kalo spesifikasi PC rendah sudah jelas akan lama ya.

3. bila sudah masuk tampilan selamat datang dari Wizard Instalasi netbeans, langsung klik Next aja
 catatan : disini kalian bisa memilih package atau fiture-fiture yang akan di install, disini ane langsung install semua, karna kalau ada file yang berformat sesuai dengan package yang ada, bisa dibuka dengan netbeans itu sendiri dan tidak perlu install aplikasi yang lain lagi. dan pas Download netbeans dari web aslinya pun,tersedia downloads sesuai dengan package yang akan digunakan oleh kita atau keperluan kita sendiri.

4. tunggulah instalasi nya sampai Complete, jangan di cancel nanti gagal :D

5. setelah itu centang I ACCEPT THE TERMS IN THE LICENSE AGREEMENT artinya anda menyetujui dan berniat melanjutkan instalasi netbeans nya

6. setelah itu akan muncul tampilan dimana kita akan menaru atau menginstall netbeans itu sendiri, biasanya sudah otomatis di C dan lebih baik pun tidak diubah tempat penginstalannya. jadi langsung next aja ya gan.
 Catatan : bila muncul tampilan instalasi JUnit dan GlassFish agan instal aja, langsung next aja

7. tunggu loading sampai selesai ya gan.

8. jika sudah selesai jangan langsung finish dulu, uun-check atau hilangkan centang pada  Anonymous Data Usage .

9. oke udah semua nih, langsung lah buka netbeans nya dan taaaaddaaaaa selesai .

oke sampai situ aja ya instalasi nya, di blog selanjutnya ane akan kasih tutorial cara install netbeans di linux ubuntu dekstop ya gan..

 bye - bye gan 

0 comments:

Post a Comment