Sunday 5 June 2016

HELLO WORLD NetBeans

        assalammualaikum agan dan sista yang mau belajar bahasa pemograman Java,
di post-post ane sebelumnya udah ane jelasin tentang bagaimana check versi java, instalasi netbeans, sampai ane buat tutorial download dari web resmi netbeansnya , nah post ane yang ini, ane akan kasih tau tutorial membuat program Hello World dari java Netbeans.
          oke, kalian harus tau agan dan sista, bahwa membuat programs hello world ini adalah ilmu dasar atau ilmu pemula bagi kalian yang mau belajar bahasa pemograman java, kita harus belajar dari tingkat pemula dulu, kalau sudah mahir baru kita coba tingkat menengah baru tingkat atas.
          kenapa saya disini menggunakan aplikasi NetBeans, karna menurut saya aplikasi ini adalah aplikasi yang paling bersahabat untuk para pemula dan yang paling cocok untuk belajar bahasa pemograman java secara mendasar. so kalian akan ngerasain nyaman nya make aplikasi netbeans. 
         untung saja aplikasi ini OpenSource atau lebih dikenal dengan freeware, yaitu aplikasi yang dapat dikembangkan oleh siapa saja, pencipta dari NetBeans ini membiarkan kita untuk terus mengembangkan aplikasi ini, kelebihan dari opensource asal kalian tahu adalah 
1. bila terdapat BUG dapat diketahui dan di Fix problem lebih cepat karna banyak pengembangnya
2. tidak dikenakan biaya 
3. pencipta membiarkan para pemakai untuk berimajinasi sesuai yang mereka inginkan.

oke nih itu penjelasan singkat aja, ane jadi tiba - tiba mau ngasih tau

oke ke masalah, langsung aja yoookkk

1. buka aplikasi NetBeans kalian, disini saya menggunakan versi NetBeans 7.2
2. klik Tab File lalu New project  lalu Categories pilih java dan Projects pilih  Java Application lalu Next


3. nah disini 
  •       Project Name dengan nama  HelloWorld
  •       Project Location dan Project Folder  ini dimana kita akan menaruh                      program
  •       yang akan kita buat nanti, jadi kalo agan mau simpan di tempat lain boleh             saja, disini saya menyimpan nya di documents
  •       Create MainClass ini di uncheck  atau centang nya dihilangkan. Setelah itu klik Finish 


4. nah bila sudah muncul tampilan seperti ini, agan klik kanan Source Package lalu New lalu pilih opsi  Java Package  dan beri nama Package dengan  HelloWorld

5. jika sudah kita klik kanan package HelloWorld yang baru saja kita buat lalu pilih New lalu pilih JFrame Form dan Class Name ubah menjadi HelloWorld lalu klik Finish. lihat gambar untuk lebih jelas.

6. oke udah semua, bila sudah nanti akan muncul tampilan dimana kita bisa edit sesuka hati kita dengan program yang akan kita buat. oke, anda perhatikan di pojok kanan, di TAB Palette, seret atau Drag jLabel dan jButton, seret ke Form, dan ubah lah nama dari jLabel dengan kata Dunia dan jButton dengan kata Ubah Dunia caranya klik kanan lalu edit Text. Sekaligus Ubah variable dari kedua item tersebut, dengan cara klik kanan jLabel lalu pilih Change Variable Name ubah menjadi dunia, dan lakukan hal yang sama dengan jButton lalu ganti variablenya menjadi UbahDunia. dalam pemberian nama pada variable tidak boleh ada Spasi
 seperti di gambar ini.

7. oke kalo sudah klik kanan pada UbahDunia, yang tadi variable nya diganti pilih Events lalu Action lalu ActionPeformed, dan akan muncul tampilan seperti ini.
8.  private void UbahDuniaActionPerformed java.awt.event.ActionEvent evt
     Di kode diatas lah kita akan membuat contoh program HelloWorld kita, tulis program di bawah kata - kata diatas,
untuk membuat program dapat dengan kode seperti ini

 private void UbahDuniaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

dunia.setText("HelloWorld");

}
*perhatikan gambar

9. dalam sebuah program yang akan kita buat,apabila ada kesalahan dalam program dia akan memunculkan ikon merah tanda seru ! , itu artinya programs sama sekali tidak bisa dijalankan, tapi apabila error muncul ikon kuning tanda seru ! , tandanya programs masih bisa dijalankan walaupun masih ada error dalam aplikasi yang akan kita buat.apabila muncul ikon lampu warna kuning tandanya programs kita tidak ada kesalahan sama sekali.
apabila sudah kita buat, silahkan kita klik ikon  kuas sama palu ( Clean And Build Project ) yang ada di atas, tunggu sampai selesai dan tidak muncul error.

10. oke finalnya kalau sudah di clean and build project silahkan di RUN atau klik gambar atau icon Next Hijau  disamping icon clean and build project, dan apabila kita klik tombol Ubah Dunia  otomatis kata Dunia akan berubah menjadi HelloWorld. seperti ini.




11. oke, disini saya gak kasih tau mendetail tapi menurut saya agan pasti bisa paham lah kalau baca baik baik tutorial ini, karna ini dasar dari semua pemograman gan. so Belajar yang giat dan jangan mudah menyerah ya gan.saya akan share tutorial lainnya jadi ayo di follow gan

untuk download aplikasinya bisa Disini

thanks, bye - bye

0 comments:

Post a Comment