Wednesday 9 March 2016

Sejarah Java

SEJARAH JAVA DAN KENAPA JAVA ITU DICIPTAKAN 
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

 Yo sobat mas dan sista, ini pertama kali ya ane buat postingan tentang java dan emang ane haya ahli di bidang ini.
Ane bakalan kasih tutorial dari awal banget yaitu beginner atau pemual atau apalah itu. sampai hard atau master atau mastah . sebelum kita lebih kedalam lagi belajr java, kita harus kenal terlebih dahulu apa itu jdk dan jre. Yak jadi subscribe ya blog ane biar ane update apa apa langsung pada tau.
Apa sih itu java ? kenapa sih dibuat bahasa pemograman java ? apa saja sih aplikasi untuk membangun sebuah program dari java ? hadeh bingung ya, kit abaca dulu yuk sejarah dari si JAVA ini.
Java itu dikembangkan pertama kali oleh orang yang bernama JAMES GOSLING dari sun microsystem pada tahun 1990-an, james gosling tentu tidak sendirian dalam membangung bahasa java ini, dia dibantu oleh temannya yang bernama patrick naughton dan mike sheridan,mereka memulai membangun bahasa java ini pada bulan juni 1991, bahasa ini awalnya di beri nama Oak yaitu sebuah pohon ek yang berada didepan kantor james gosling.
pada tanggal 13 november 2006, baru nih sun microsistem meluncurkan bahasa java sebagai bahasa pemograman yang GNU General Public License  GPL . dan sekitar tahun 2009-2010 sun microsistem diakui oleh perusahaan oracle dan perlanjutan perkembangannya pun di dikembangkan di oracle. jadi sun microsistem dan oracle dulu itu pisah perusahaan.
 gitu lah guys, java pertama kali dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah bahasa computer yang ditulis satu kali dan dapat dijalankan dari banyak system computer, nah itulah alas an kenapa bahasa java ini dibuat .
Pembagian kategor java terjadi sejak generasi ke-2 guys dan terbagi menjadi tiga(3) paket :
1.       J2EE  Java 2 Enterprise Edition
Digunakan pada pemograman aplikasi server atau aplikasi berbasis WEB SERVER
2.       J2SE  java 2 Standard Edition
Digunakan pada pembuatan aplikasi desktop guys  saya akan membahas ini
3.       J2ME  Java 2 Micro Edition
Nah kalo yang ini yang paling saya suka,yaitu untuk membuat aplikasi pada mobile devices atau HP

Ane akan jelasi terlebih dahulu tentang jdk dan jre
1.       JDK  Java Development Kit  adalah sebuah software yang WAJIB ada apabila kita ingin membuat aplikasi atau software berbasis java, apabila tidak ada JDK jelas tidak akan bias membangun sebuah aplikasi dari bahasa pemograman java.
JDK berfungsi melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE Java Runtime Envirotment.

2.       JRE  Java Runtime Environment  adalah sebuah software yang WAJIB ada untuk menjalan sebuah aplikasi atau software yang dibuat menggunakan bahasa java,
Note  versi JRE tidak boleh lebih  rendah dari JDK, jadi harus versi yang setara atau lebih tinggi dari jdk itu sendiri, biasanya JRE ini sudah terinstall otomatis di computer pada saat pertama beli.

Gimana sih check JRE dan JDK nya
Ginih caranya lalu buka control panel lalu pilih programs and features lalu cari yang ini, ane gunain versi JRE 8.



Cara check JDK juga sama, Ginih caranya lalu buka control panel lalu pilih programs and features lalu cari yang ini, ane gunain versi JDK 7


nah kalau sudah melakukan instalasi, agan pergi ke hati saya. eh salah.
agan buka control panel lalu lalu buka Java lalu lalu pilih tab "Update" nah, itu ilangin checklistnya  do not update  pilih itu bila muncul pop up.

untuk download JDK dan JRE nya silahkan klik link berikut untuk mendownload dari web javanya.
download JDK dan JRE

segitu dulu ya gan, setelah ini saya akan membahas tentang NETBEANS, subscribe makanya.

0 comments:

Post a Comment